Minggu, 12 Juli 2015

makanan khas korea

Diposkan oleh elfitriana silvie di 14.22

Korean Food

siapa yang ga tau negara yang memiliki julukan negara gingseng? pastinya pada tau dong. yaps.... bener banget korea, nah korea itu dibagi dua lohh ada korea utara sama korea selatan tapi baru-baru ini dunia digemparkan sekali nih dengan dengan negara korea tapi bukan korea dibagian utara malainkan bagian selatan. walaupun seperti itu negara keduanya termaksud negara yang indah dan kaya. kalian tahu ga sih negara korea itu memiliki kuliner yang enak-enak? nah bagi yang ga tau sekarang gue mau nge share nih makanan-makanan khas korea yang enak beserta resepnya. semoga bermanfaat ya guys :)

Kimbab

Cara membuat Kimbab

Bahan bahan Kimbab :

  • 4 lembar rumput laut (nori) segiempat ukuran besar
  • 2 mangkuk nasi
  • 1 butir telur dadar yang sudah diiris tipis
  • 50 gr wortel yang sudah dibersihkan dan diiris, lalu potong memanjang
  • 50 gr dan muji atau asinan lobak, potong kotak memanjang
  • 60 gr bayam, rebus sebentar dan beri sedikit garam, lalu saring
  • 50 gr daging sapi potong korek api (daging bisa diganti daging yang lainnya seperti daging ayam)
  • ½ sdm cuka dan minyak wijen

Cara membuat kimbab mudah sekali,yaitu:

1.    Campurkan nasi, minyak wijen, cuka, garam.
2.    Tumis sebentar wortel, taruh di atas nasi yang dibubuhkan diatas kim atau rumput lautnya
3.    Gulung beserta isianyang sudah ditaruh dan potong potong sesuai selera
4.    Kimbab buatan anda sudah siap dihidangkan


Kueh Beras (ttheobokki)


Bahan-bahan

  • 1 sdt minyak wijen 
  • 1/4 buah bawang bombay 
  • 1 buah cabe hijau dan merah 
  • 1 sdt minyak goreng 
  • 30 g wortel 
  • 2 buah jamur shitake kering (kalo gak ada juga gak apa-apa kok.^^) 
Bumbu-bumbu:
  1. 1 sdm Kochujang (Saus pedas korea)/ taujo cabe merah 
  2. 1 sdm bubuk cabe merah 
  3. 1 sdm bawang putih yang dicincang halus 
  4. 1/2 sdm gula pasir 
  5. 3 sdm kaldu daging
  6. sedikit biji wijen
  7. sedikit lada hitam 
  8. sedikit minyak wijen 

Cara Membuat: 
1. Garaetteoknya! 
a.    Bahan: 
-   300 gram Tepung beras 
-   110 gram Air
-   3 sdm Minyak wijen

b.    Cara Membuat:
-   Siapkan kukusan. 
-   Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan.
-   Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. 
-   Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal.
-   Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk bulat panjang. Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. 
Yup! Garaetteoknya sudah jadi! Yaaaay!^^ Okeeh… Yuk, ketahap selanjutnya! Membuat… SAUS Tteokbokki-nya! 

2.   Next, Gareatteok/Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen.
3.   Potong melintang bawang Bombay, cabe hijau, cabe merah dan wortel.
4.   Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. 
5.   Campurkan semua bahan ‘Bumbu-bumbu’ jadi satu. 
6.   Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu masukkan bumbu. 
7.   Setelah bumbu masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. 
8.   Masukkan garaetteok, dan tumislah hingga bumbu meresap pada garaetteok-nya. 
9.   Jika semua sudah matang. Tteokbokki siap dimakan!!!! Eeiiits… Maksudnya, Siap disajikan. ^____^ 

                     Jajangmyeon

Bahan-bahan :
  • 600g mie basa.
  • 100g daging sapi
  • 2 buah bawang bombai
  • 1/2 buah zukini
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 sdm air sagu
  • 2 gelas air,
  • 7 sdm minyak6 sdm saus Jajangmyeon yang disebut Chunjang

Cara membuat :
  1. Potong daging
  2. Potong dadu bawang bombai, kentang, dan zukini
  3. Goreng saus Jajangmyeon dengan 6 sdm minyak
  4. Panaskan wajan dengan 1 sdm minyak lalu goreng bawang bombai
  5. Kemudian masukkan daging sapi, zukini, dan kentang
  6. Setelah bahan-bahan itu matang masukkan saus yang sudah digoreng
  7. Aduk-aduk supaya merata lalu tuangkan air sagu
  8. Setelah dididihkan selama 5 menit lagi matikan api.
  9. Rebuslah mie lalu bilas dengan air.
  10. Taruh mie dalam mangkuk besar dan tuangkan saus di atasnya.
  11. Sajikan bersama dengan asinan lobak kuning.

Kimchi


Bahan-Bahan:

- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang. 
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jari jahe, parut.
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur. (butiran halus)
- 1 sdm gula.
- 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar)
- air secukupnya.
- 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Mengolah:

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka (seperti salad) atau dijadikan nasi goreng kimchi.









0 komentar on "makanan khas korea"

Poskan Komentar

Minggu, 12 Juli 2015

makanan khas korea

Diposkan oleh elfitriana silvie di 14.22

Korean Food

siapa yang ga tau negara yang memiliki julukan negara gingseng? pastinya pada tau dong. yaps.... bener banget korea, nah korea itu dibagi dua lohh ada korea utara sama korea selatan tapi baru-baru ini dunia digemparkan sekali nih dengan dengan negara korea tapi bukan korea dibagian utara malainkan bagian selatan. walaupun seperti itu negara keduanya termaksud negara yang indah dan kaya. kalian tahu ga sih negara korea itu memiliki kuliner yang enak-enak? nah bagi yang ga tau sekarang gue mau nge share nih makanan-makanan khas korea yang enak beserta resepnya. semoga bermanfaat ya guys :)

Kimbab

Cara membuat Kimbab

Bahan bahan Kimbab :

  • 4 lembar rumput laut (nori) segiempat ukuran besar
  • 2 mangkuk nasi
  • 1 butir telur dadar yang sudah diiris tipis
  • 50 gr wortel yang sudah dibersihkan dan diiris, lalu potong memanjang
  • 50 gr dan muji atau asinan lobak, potong kotak memanjang
  • 60 gr bayam, rebus sebentar dan beri sedikit garam, lalu saring
  • 50 gr daging sapi potong korek api (daging bisa diganti daging yang lainnya seperti daging ayam)
  • ½ sdm cuka dan minyak wijen

Cara membuat kimbab mudah sekali,yaitu:

1.    Campurkan nasi, minyak wijen, cuka, garam.
2.    Tumis sebentar wortel, taruh di atas nasi yang dibubuhkan diatas kim atau rumput lautnya
3.    Gulung beserta isianyang sudah ditaruh dan potong potong sesuai selera
4.    Kimbab buatan anda sudah siap dihidangkan


Kueh Beras (ttheobokki)


Bahan-bahan

  • 1 sdt minyak wijen 
  • 1/4 buah bawang bombay 
  • 1 buah cabe hijau dan merah 
  • 1 sdt minyak goreng 
  • 30 g wortel 
  • 2 buah jamur shitake kering (kalo gak ada juga gak apa-apa kok.^^) 
Bumbu-bumbu:
  1. 1 sdm Kochujang (Saus pedas korea)/ taujo cabe merah 
  2. 1 sdm bubuk cabe merah 
  3. 1 sdm bawang putih yang dicincang halus 
  4. 1/2 sdm gula pasir 
  5. 3 sdm kaldu daging
  6. sedikit biji wijen
  7. sedikit lada hitam 
  8. sedikit minyak wijen 

Cara Membuat: 
1. Garaetteoknya! 
a.    Bahan: 
-   300 gram Tepung beras 
-   110 gram Air
-   3 sdm Minyak wijen

b.    Cara Membuat:
-   Siapkan kukusan. 
-   Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan.
-   Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. 
-   Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal.
-   Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk bulat panjang. Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. 
Yup! Garaetteoknya sudah jadi! Yaaaay!^^ Okeeh… Yuk, ketahap selanjutnya! Membuat… SAUS Tteokbokki-nya! 

2.   Next, Gareatteok/Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen.
3.   Potong melintang bawang Bombay, cabe hijau, cabe merah dan wortel.
4.   Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. 
5.   Campurkan semua bahan ‘Bumbu-bumbu’ jadi satu. 
6.   Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu masukkan bumbu. 
7.   Setelah bumbu masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. 
8.   Masukkan garaetteok, dan tumislah hingga bumbu meresap pada garaetteok-nya. 
9.   Jika semua sudah matang. Tteokbokki siap dimakan!!!! Eeiiits… Maksudnya, Siap disajikan. ^____^ 

                     Jajangmyeon

Bahan-bahan :
  • 600g mie basa.
  • 100g daging sapi
  • 2 buah bawang bombai
  • 1/2 buah zukini
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 sdm air sagu
  • 2 gelas air,
  • 7 sdm minyak6 sdm saus Jajangmyeon yang disebut Chunjang

Cara membuat :
  1. Potong daging
  2. Potong dadu bawang bombai, kentang, dan zukini
  3. Goreng saus Jajangmyeon dengan 6 sdm minyak
  4. Panaskan wajan dengan 1 sdm minyak lalu goreng bawang bombai
  5. Kemudian masukkan daging sapi, zukini, dan kentang
  6. Setelah bahan-bahan itu matang masukkan saus yang sudah digoreng
  7. Aduk-aduk supaya merata lalu tuangkan air sagu
  8. Setelah dididihkan selama 5 menit lagi matikan api.
  9. Rebuslah mie lalu bilas dengan air.
  10. Taruh mie dalam mangkuk besar dan tuangkan saus di atasnya.
  11. Sajikan bersama dengan asinan lobak kuning.

Kimchi


Bahan-Bahan:

- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang. 
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jari jahe, parut.
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur. (butiran halus)
- 1 sdm gula.
- 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar)
- air secukupnya.
- 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Mengolah:

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka (seperti salad) atau dijadikan nasi goreng kimchi.









0 komentar:

Poskan Komentar

 

ELS blog Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez